Facebook Membagi Data Anda dengan 3 Perusahaan China !! Kok Bisa?

Facebook mengatakan kemarin (5 Juni) bahwa mereka saat ini memiliki perjanjian pembagian data dengan setidaknya empat perusahaan teknologi Cina, termasuk Huawei, Lenovo, TCL (yang sekarang memproduksi ponsel BlackBerry), dan Oppo (perusahaan induk OnePlus).
Facebook mengatakan keempat perusahaan itu termasuk di antara sekitar 60 perusahaan di seluruh dunia yang memiliki kesepakatan pembagian data dengan raksasa jejaring sosial itu, termasuk Apple, Samsung, dan HTC. Produsen diberi kemampuan untuk mengakses beberapa data Facebook sehingga mereka dapat membangun aplikasi dan antarmuka khusus perangkat untuk memungkinkan pelanggan dengan mudah menggunakan dan menyinkronkan dengan Facebook di ponsel, tablet, dan perangkat pintar mereka.
Related image
ZTE, yang saat ini sedang menghadapi sanksi pemerintah AS untuk mengekspor produk ilegal yang mengandung teknologi Amerika ke Iran dan Korea Utara, tidak memiliki perjanjian berbagi seperti itu, lapor Washington Post. mengutip sumber anonim yang akrab dengan masalah ini.
Baik ZTE dan Huawei dicurigai memiliki hubungan dengan dinas militer dan intelijen China, dan otoritas Amerika awal tahun ini menekan Verizon dan AT & T untuk segera membatalkan kesepakatan distribusi dengan Huawei. Lenovo, Oppo, dan TCL tidak dicurigai.

Facebook mengatakan bahwa data yang dikumpulkan aplikasi khusus ponsel disimpan langsung di perangkat, dan bukan di server produsen ponsel. Perusahaan itu mengatakan kepada New York Times bahwa kontraknya dengan pembuat perangkat telah "dikendalikan dari awal," dan bahwa itu menyetujui setiap integrasi Facebook khusus perangkat.
Ia juga mengklaim bahwa itu mulai menutup program pada bulan April, setelah skandal Cambridge Analytica terungkap, dan telah mengakhiri 22 dari kemitraan.
Banyak perjanjian dengan pembuat ponsel berasal dari hari-hari sebelum smartphone dapat mengunduh aplikasi yang dibuat Facebook dari Apple atau toko aplikasi Android. Agar ponsel "bodoh", alias ponsel berfitur, untuk mengakses Facebook, jejaring sosial harus menulis antarmuka program aplikasi khusus (API) yang memungkinkan setiap sistem operasi seluler berkomunikasi dengan database Facebook.
Image result for facebook on phones
Ini adalah norma selama bertahun-tahun sampai akhirnya ponsel cerdas mulai menjual lebih banyak fitur ponsel di Amerika Utara dan Eropa sekitar tahun 2014. Ini masih menjadi norma di beberapa bagian dunia, seperti India dan Afrika, di mana ponsel berfitur banyak digunakan.
Penerimaan partisipasi pembuat telepon Cina mengikuti laporan New York Times, Minggu yang memecahkan berita tentang perjanjian pembuat perangkat. Produsen lain yang terlibat termasuk Amazon, BlackBerry dan Microsoft, dan Samsung. The Times menunjukkan bahwa aplikasi yang menggunakan API khusus masih dapat menarik data Facebook, tetapi karena koran menggunakan BlackBerry Z10 2013 untuk ini, tidak jelas apakah itu akan berfungsi pada ponsel yang lebih baru.
Namun, jika Anda takut dengan ini, apa yang dapat Anda lakukan? Jika Anda menggunakan smartphone atau tablet iOS atau Android modern, Anda mungkin tidak perlu khawatir tentang perangkat Anda: Facebook menggunakan aplikasinya untuk mengontrol semua informasi yang mengalir ke dan dari servernya. Jika beberapa teman Facebook Anda menggunakan ponsel berfitur, mungkin informasi tentang Anda disimpan di perangkat tersebut.
Image result for facebook mark
Yang benar-benar ingin Anda lakukan adalah meminimalkan jumlah informasi tentang diri Anda yang Anda berikan kepada Facebook. Kami menyarankan agar pengguna mengakses situs web Facebook dalam mode penjelajahan pribadi (seperti mode Penyamaran Chrome, atau Penjelajahan Pribadi Firefox). Anda dapat melakukan ini di perangkat seluler maupun di desktop.

Anda juga dapat mempertimbangkan pemblokir pelacak peramban-desktop, seperti Putus atau Penghapus Privasi. Ini tidak akan menyembunyikan Anda dari pengintaian Facebook, tetapi akan mengeluarkan Anda dari layanan ketika Anda tidak menggunakannya sehingga tidak dapat melacak Anda di seluruh web. Dan menghapus aplikasi Facebook (termasuk Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp) dari ponsel cerdas Anda akan mencegah mereka mengakses kontak dan lokasi Anda.

Nah guys jadi lebih berhati-hati dalam menggunakan internet dan sosial media terus kunjungi web gomasakini.com ya jangan lupa untuk selalu berkomentar dan share artikel ini ya !

4 Responses to "Facebook Membagi Data Anda dengan 3 Perusahaan China !! Kok Bisa?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel